Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi (Hofstetter 2001). Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.
Multimedia juga
dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda dalam
menyampaikan informasi berbentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.
Definisi Multimedia menurut beberapa ahli
- Rosch, 1996 : Multimedia adalah
Kombinasi dari komputer dan video
- McComick, 1996 : Multimedia
adalah Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks
- Turban dan kawan-kawan, 2002 :
Multimedia adalah Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau
output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks,
grafik dan gambar
- Robin dan Linda, 2001 :
Multimedia adalah Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan
interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video
- Steinmetz (1995, p2) : Multimedia
adalah gabungan dari seminimalnya sebuah media diskrit dan sebuah media
kontinu. Media diskrit adalah sebuah media dimana validitas datanya tidak
tergantung dari kondisi waktu, termasuk didalamnya teks dan grafik.
Sedangkan yang dimaksud dengan media kontinu adalah sebuah media dimana
validitas datanya tergantung dari kondisi waktu, termasuk di dalamnya
suara dan video.
- Vaughan (2004, p1) : Multimedia
adalah beberapa kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video
dikirim ke anda melalui komputer atau alat elektronik lainnya atau dengan
manipulasi digital.
Kategori Multimedia
Multimedia dapat di definisikan menjadi 2 kategori, yaitu Multimedia
Content Production dan Multimedia
Communication.
- Multimedia Content Production adalah penggunaan beberapa
media (teks, audio, graphics, animation, video dan interactivity) yang
berbeda dalam menyampaikan suatu informasi atau menghasilkan produk
multimedia seperti video, audio, musik, film, game, entertaintment, dll.
Bisa juga dikatakan sebagai penggunaan beberapa teknologi yang berbeda
yang memungkinkan untuk menggabungkan media (teks, audio, graphics,
animation, video, dan interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan
komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
1.
Media teks/tulisan
2.
Media audio/suara
3.
Media video
4.
Media animasi
5.
Media gambar
6.
Media Interaktif
7.
Media spesial effect
- Multimedia Communication adalah penggunaan media
(massa), seperti televisi, radio, media cetak dan internet untuk
mempublikasikan / menyiarkan / mengkomunikasikan material periklanan,
publikasi, entertaintment, berita, pendidikan, dll. Dalam kategori ini
media yang digunakan adalah :
1.
TV
2.
Radio
3.
Film
4.
Media Cetak
5.
Musik
6.
Game
7.
Entertainment
8.
Tutorial
9.
Internet
Dengan penggunaan multimedia, penyampaian informasi akan menjadi
lebih menarik dan mempermudah pengguna dalam mendapatkan informasi tersebut.
Seperti yang disebutkan dalam laporan hasil penelitian yang dikeluarkan olehComputer Technology Research (Hofstetter, p4) bahwa seseorang hanya
akan mendapatkan 20% dari apa yang mereka lihat dan 30% dari yang mereka
dengar. Sedangkan melalui multimedia akan mendapatkan 50% dari apa yang mereka
lihat dan dengar, sampai 80% dari apa yang mereka lihat, dengar dan
berinteraksi dengan pada waktu yang sama.
No comments