Select Menu

sponsor

sponsor

dd

Random Posts

Powered by Blogger.

Design

Technology

Circle Gallery

Shooting

Racing

News

loading...
» » Konsultan




Apakah pekerjaan konsultan itu sebenarnya? Secara garis besar, konsultan itu adalah sparring partner untuk pembuat keputusan (decision maker) dalam menjalankan tugas-tugasnya. Sparring partner ini bisa berarti si konsultan memberikan pertimbangan atas berbagai alternatif tindakan (seperti pertimbangan risiko), atau memberikan suatu analisis yang mendalam atas suatu fenomena untuk diberikan kepada si pembuat keputusan, dan bisa juga menjabarkan suatu keputusan ke dalam bentuk yang lebih konkrit atau detail sesuai dengan kebutuhan.
Jadi, seorang konsultan itu memberikan analisis atau kajian, opini atau pendapat, serta penjabaran (detail) atas suatu fenomena yang menjadi fokus perhatian seorang pembuat keputusan atau sebuah organisasi. Satu hal yang pasti, konsultan tidak pernah membuat keputusan untuk klien, dia hanya memberikan analisis, opini, dan penjabaran. Keputusan tetap di tangan si klien. Seorang konsultan bukanlah pembuat keputusan untuk si klien.
Bekerja sebagai konsultan berarti bekerja di belakang layar. Jika klien sukses, maka nama anda jarang muncul ke permukaan, kecuali diungkapkan oleh klien. Tetapi ini sangat jarang. 

About Dagelan

Dagelan Family bukan kumpulan orang-orang yang terlalu serius, tapi bukan berarti berisi orang-orang yang main-main menatap hidup.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply