Select Menu

sponsor

sponsor

dd

Random Posts

Powered by Blogger.

Design

Technology

Circle Gallery

Shooting

Racing

News

loading...
» » Tradisi Menyambut Ramadhan di Sungai Siak



Dagelan - Sudah menjadi tradisi di Pekanbaru, Provinsi Riau, sehari sebelum menyambut bulan suci Ramadan, dilaksanakan sebuah ritual kegiatan yang disebut dengan Petang Megang, atau yang juga disebut dengan ritual adat Balimau Kasai.

Ribuan masyarakat berbondong-bondong mendatangi lokasi Petang Megang, untuk turun bersama-sama ke sungai yang sudah dijadikan lokasi Petang Megang setiap tahunnya.

Di Riau sendiri, terdapat dua daerah yang biasanya paling ramai dikunjungi masyarakat, yakni Sungai Siak di Pekanbaru, dan Sungai Kampar di kabupaten Kampar.

Tradisi Petang Megang ini tidak hanya dihadiri oleh masyarakat yang membaur di pinggir sungai, namun juga dipadati oleh masyarakat yang sekedar ingin menyaksikan acara tersebut secara dekat.

Acara ini biasanya diakhiri dengan mandi balimau secara massal di sungai, yang bertujuan untuk mensucikan diri sebelum menyambut bulan suci Ramadhan.

Tidak hanya sekedar mandi di sungai. Pada saat yang sama, anak-anak yang berada di sana berebut telur dan itik, yang sengaja dilepas untuk anak-anak, sekaligus hiburan dengan lomba menangkap itik.

Semua peserta akan saling berebutan itik tersebut. Bagi peserta yang bisa menangkap itik akan mendapatkan hadiah yang disediakan oleh panitia. Setelah itik terbang, seluruh peserta ramai-ramai berebutan, dan suasana mendadak seru meriah.

Setelah acara penangkapan itik selesai, selanjutnya mereka akan menyemprotkan air ke seluruh penonton, baik yang ada di pinggir sungai mau pun yang di sungai juga akan disemprot dengan air.

About Dagelan

Dagelan Family bukan kumpulan orang-orang yang terlalu serius, tapi bukan berarti berisi orang-orang yang main-main menatap hidup.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply